Gubernur Sumbar Buka Khatam Quran Masjid Lasykar Koto Gadih. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN SIJUNJUNG

PENGUMUMAN DAFTAR CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI SIJUNNUJG Tahun 2024 Nomor : 20/PP.04-PU/1303/2024 SYARAT MINIMAL PEROLEHAN SUARA SAH 10(Sepuluh) % dari Total seluruh Suara Sah Kabupaten Sijunjung (10/100 x 134.476) = 13.447,6 (dibulatkam keatas menjadi 13.448 Minimal Suara Sah)* -- *Keputusan KPU Kab.Sijunjung Nomor 655 Tahun 2024 TEMPAT PENDAFTARAN---Kantor KPU Kabupaten Sijunjung Jl. M. Yamin, SH, Nomor 07 Muaro Sijunjung KONTAK PERSON---Zamri 085265970434--Viko 085263208822 JADWAL DAN WAKTU PENDAFTARAN > Selasa Tanggal 27 Agustus 2024 - Pukul 08: 00 WIB s/d Pukul 16 WIB > Rabu Tanggal 28 Agustus 2024 - Pukul 08: 00 WIB s/d Pukul 16 WIB > Kamis 29 Agustus 2024 - Pukul 08: 00 WIB s/d Pukul 16 WIB IMPORTANT ! INFORMATION ! Sumber . Amar putusan MK Nomor 60/PUU-XX/2024 . Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2024

Gubernur Sumbar Buka Khatam Quran Masjid Lasykar Koto Gadih.

Minggu, September 15, 2024

 


Tanah Datar (SUMBAR).GP- Gubernur Sumbar Mahyeldi diwakili Kepala  DP3AP2KB Dr.Herlin Sridiani,M.Kes menghadiri dan membuka secara resmi kegiatan Khatam Quran TPA Masjid Lasykar Koto Gadih, Limo Kaum, Kecamatan Limo Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Minggu (15/9) 


Kegiatan tersebut juga dihadiri Bupati Tanah Datar diwakili Staf Ahli Kemasyarakatan Agusril dan Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Bagas Nasution, Anggota DPRD Kabupaten Tanah Datar, Ketua KAN Limo Kaum Yusmar Latif Dt.Majo Lelo serta Ketua dan Anggota BPRN Limo Kaum.


Selain itu, juga hadir Kepala Kankemenag diwakili KUA Limo Kaum, Tokoh Masyarakat dan orang tua para peserta Khatam Quran.



Gubernur Sumbar diwakili Herlin Sridiani dalam sambutannya menyampaikan, selain mengapresiasi atas  terlaksananya kegiatan khatam Al-Quran ini, juga menyampaikan pesan Gubernur Sumbar tentang kegiatan menumbuhkan ketahanan keluarga yang disebut dengan program 1821.


Program ini mengajak orang tua dalam keluarga atau masyarakat untuk berkumpul bersama dengan anak anaknya dalam rentang waktu dari pukul 18.00 sampai pukul 21.00 Wib.


Dikatakan Herlin, dalam rentang waktu tersebut, anak anak dan orang tua jangan ada kegiatan lain, HP anak anak dan orang tuanya disimpan, semua  berkumpul bersama keluarga. Kedua orang bersama anak anaknya makan bersama, saling berkomunikasi,  dengarkan curhat anak anaknya, berikan solusi tentang hal hal yang menjadi masalah bagi anak anaknya.


"Rentang waktu tersebut, juga dapat dimanfaatkan untuk mendalami atau meningkatkan bacaan Al Quran secara bersama-sama dengan keluarganya, semoga dengan me manfaatkan waktu 1821 secara tertib, rutin dapat meningkatkan keakraban dalam suatu keluarganya, agar anak anak pemimpin masa depan terhindar dari kegiatan- kegiatan negatif lainnya," ujar Herlin.



Ketua Panitia Maiyandra, SS didampingi Ketua Masjid Lasykar Koto Gadih Tarmizi, S.Ag mengatakan, khatam Al-Quran di masjid Lasykar Koto Gadih Limo Kaum ini dilaksanakan satu kali dalam dua tahun.


Khatam tahun 2024, yang digelar hari ini, merupakan pelaksanaan khatam yang ke 18 diikuti 27 orang, Alhamdulillah dihadiri Gubernur, Bupati Tanah Datar atau yang mewakilinya serta juga dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Sumbar Bagas Nasution dan Anggota DPRD Kabupaten Tanah Datar.


"Saat ini tercatat jumlah murid TPA Masjid Lasykar sebanyak 53 orang, dengan biaya pendidikan Rp30.000 perorang atau Rp50.000 per dua orang yang  adik kakak sebulan,  dibawah bimbingan dan pengasuhan 4 orang guru yakni Ihsanul Hakim, S.Pd., Gio Elfandi, S.Akun., Aidil Fajri, S.Ant dan saya sendiri," ujar Tarmizi, S.Ag 


Wali Nagari Limo Kaum Fadhli Tarmizi, SH dan Ketua KAN Limo Kaum Yusmar Latif Dt. Majo Lelo dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Gubernur, Bupati, Anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten Tanah Datar dalam pergelaran Khatam Quran saat ini.


"Semoga dengan khatam al qur'an ini bisa meningkatkan kekompakan masyarakat dan generasi muda serta  semakin mencintai al qur'an, sehingga tercapai lah cita-cita kita bersama untuk mewujudkan Kabupaten Madani," ucap Fadhli Tarmizi melanjutkan.


Pada kesempatan itu, juga ikut memberikan Bupati Tanah Datar diwakili Staf Ahli Kemasyarakatan Agusril, menyampaikan apresiasi kegiatan diadakan khatam sekali dua tahun ini. Dari Mesjid ini lahir mubaligh cilik dan pemimpin masa depan dalam upaya syiarnya agama. "Wali Nagari Limo Kaum Fadhli Tarmizi SH pemimpin muda ini lahir dari hasil Pembinaan Masjid Lasykar ini," ucap Agusril


Sedangkan Kepala Kemenag Tanah Datar diwakili Kepala KUA Kecamatan Lima Kaum mengatakan,  anak anak ini harus berbangga menjadi santri TPA Masjid Lasykar Koto Gadih ini, karena TPA Masjid Lasykar ini tercatat sebagai akreditasi dengan nilai A.

Dikatakan Kepala Kemenag para santri yang khatam saat ini telah lulus dalam penilaian dari 7  aspek penilaian yang dilaksanakan Kantor Urusan Agama, termasuk kemampuan membaca Alquran.


Sebelum pembukaan khatam secara resmi, dilakukan pawai ta'aruf atau arak arakan peserta Khatam, orang tua yang menjunjung nasi kuning dengan star dan route dari Masjid Lasykar - Simpang Surau Kariang - Simpang Arap- Masjid Raya Limo Kaum - Simpang Bendang - Balai Batu - Masjid Lasykar Koto Gadih diiringi Marching band SMA Negeri 1 Batusangkar.


#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS