UNP Padang Berdayakan Bundo Kanduang dan Ibu Rumah Tangga Lewat Pelatihan Sabun. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN SIJUNJUNG

PENGUMUMAN DAFTAR CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI SIJUNNUJG Tahun 2024 Nomor : 20/PP.04-PU/1303/2024 SYARAT MINIMAL PEROLEHAN SUARA SAH 10(Sepuluh) % dari Total seluruh Suara Sah Kabupaten Sijunjung (10/100 x 134.476) = 13.447,6 (dibulatkam keatas menjadi 13.448 Minimal Suara Sah)* -- *Keputusan KPU Kab.Sijunjung Nomor 655 Tahun 2024 TEMPAT PENDAFTARAN---Kantor KPU Kabupaten Sijunjung Jl. M. Yamin, SH, Nomor 07 Muaro Sijunjung KONTAK PERSON---Zamri 085265970434--Viko 085263208822 JADWAL DAN WAKTU PENDAFTARAN > Selasa Tanggal 27 Agustus 2024 - Pukul 08: 00 WIB s/d Pukul 16 WIB > Rabu Tanggal 28 Agustus 2024 - Pukul 08: 00 WIB s/d Pukul 16 WIB > Kamis 29 Agustus 2024 - Pukul 08: 00 WIB s/d Pukul 16 WIB IMPORTANT ! INFORMATION ! Sumber . Amar putusan MK Nomor 60/PUU-XX/2024 . Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2024

UNP Padang Berdayakan Bundo Kanduang dan Ibu Rumah Tangga Lewat Pelatihan Sabun.

Jumat, Agustus 16, 2024

 


Sijunjung (SUMBAR).GP-  Geliat Inovasi Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Padang“Berdayakan Bundo Kanduang dan Ibu Rumah Tangga Lewat Pelatihan Sabun dari Aloe Vera".


Dalam upaya memaksimalkan potensi kearifan lokal dengan inovasi modern, Kolaborasi Departemen Biologi dan Agroindustri Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar pelatihan pembuatan sabun dari bahan Aloe vera di Nagari Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan, Kabupaten Sijunjung. 


Acara yang berlangsung pada 14-15 Agustus 2024 ini menjadi sorotan karena melibatkan para bundo kanduang dan ibu rumah tangga di Nagari Padang Sibusuk. 


Dr. Vauzia, M.Si., Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) UNP, mengungkapkan bahwa pelatihan ini bukan sekadar transfer pengetahuan, melainkan juga upaya pemberdayaan ekonomi dan pelestarian lingkungan.


 "Kami ingin membekali para ibu dengan keterampilan praktis yang bisa langsung diaplikasikan serta dimanfaatkan," jelasnya. 


Sementara itu, Dr. Resti Fevria dari Departemen Agroindustri mendorong peserta untuk berperan aktif dalam kegiatan pelatihan dan menggali ilmu yang disampaikan narasumber dalam menciptakan produk sabun dari aloe vera ramah lingkungan. 


Narasumber yang terdiri dari Santi Diana Putri, S.Si., M.Si. dan Roni Jarlis, S.Si., M.Pd. membagikan teknik pembuatan sabun ramah lingkungan serta wawasan tentang manfaat dan budidaya aloe vera.



Wali Nagari Padang Sibusuk, Aprizaldi, S.P., menyambut dengan antusias inisiatif ini. "Pelatihan ini bukan hanya tentang sabun, tapi juga tentang membangkitkan semangat wirausaha di kalangan ibu-ibu kita," ujarnya penuh harap.


Untuk memastikan efektivitas program, tim PKM UNP melakukan monitoring dan evaluasi melalui angket dan pengamatan langsung terhadap hasil produksi sabun.


Kegiatan ini juga melibatkan sejumlah dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa dari berbagai latar belakang, menciptakan kolaborasi lintas disiplin yang menarik.



Dengan dukungan penuh dari pemerintah nagari, pelatihan ini diharapkan menjadi cikal bakal program berkelanjutan yang akan membawa angin segar bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Padang Sibusuk.


"Inisiatif UNP ini diharapkan menjadi contoh nyata bagaimana perguruan tinggi dapat berperan aktif dalam pembangunan masyarakat, memadukan kearifan lokal dengan sentuhan inovasi modern," ujar salah seorang dosen UNP Padang Taufiqurrahman.


#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS