Kamang Baralek Gadang, Gubernur Sumbar Mahyeldi Buka MTQ Kabupaten Sijunjung. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN SIJUNJUNG

PENGUMUMAN DAFTAR CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI SIJUNNUJG Tahun 2024 Nomor : 20/PP.04-PU/1303/2024 SYARAT MINIMAL PEROLEHAN SUARA SAH 10(Sepuluh) % dari Total seluruh Suara Sah Kabupaten Sijunjung (10/100 x 134.476) = 13.447,6 (dibulatkam keatas menjadi 13.448 Minimal Suara Sah)* -- *Keputusan KPU Kab.Sijunjung Nomor 655 Tahun 2024 TEMPAT PENDAFTARAN---Kantor KPU Kabupaten Sijunjung Jl. M. Yamin, SH, Nomor 07 Muaro Sijunjung KONTAK PERSON---Zamri 085265970434--Viko 085263208822 JADWAL DAN WAKTU PENDAFTARAN > Selasa Tanggal 27 Agustus 2024 - Pukul 08: 00 WIB s/d Pukul 16 WIB > Rabu Tanggal 28 Agustus 2024 - Pukul 08: 00 WIB s/d Pukul 16 WIB > Kamis 29 Agustus 2024 - Pukul 08: 00 WIB s/d Pukul 16 WIB IMPORTANT ! INFORMATION ! Sumber . Amar putusan MK Nomor 60/PUU-XX/2024 . Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2024

Kamang Baralek Gadang, Gubernur Sumbar Mahyeldi Buka MTQ Kabupaten Sijunjung.

Selasa, Juni 25, 2024



Sijunjung (SUMBAR).GP- Kecamatan Kamang Baru sore ini Menjadi pusat perhatian masyarakatnya, pasalnya MTQ Nasional ke 41 Kabupaten Sijunjung dipusatkan di Lapangan Bolakaki Nagari Kamang.

Semua hamparan lapangan tampak tertata rapi dengan Mimbar Utama, Panggung Utama serta dilengkapi dengan tenda untuk  para Ninik mamak, BPN, Lembaga Organisasi Nagari Kamang dan Kecamatan Kamang Baru tanpa kecuali tenda buat 8 Kafilah MTQ kecamatan se Kabupaten Sijunjung.


Dari halaman Kantor Wali Nagari Kamang dikiri dan kanan jalan terlihat dipenuhi oleh papan bunga dari berbagai lembaga, sekolah di lingkungan Kecamatan Kamang Baru dengan ucapan "Selamat dan Sukses MTQ Nasional ke 41 tingkat Kabupaten Sijunjung di Kamang Baru 24-27 Juni 2024".


Pj.Wali Nagari Kamang Mardarlius, S.Sos kepada media membenarkan Alek besar ini didukung penuh oleh masyarakat setempat, semua unsur saling bergandengan tangan dan bahu membahu untuk mensukseskan kegiatan pembukaan MTQ Nasional ke 41 tingkat Kabupaten Sijunjung ini.


"Semua papan bunga yang tampak itu menjadi bukti, bahwa semua lembaga, sekolah mendukung kemeriahan acara pembukaan MTQ Nasional ke 41 ini," ucap Mardarlius yang juga Ketua LPTQ Kecamatan Kamang Baru.



MTQ itu sendiri dibuka secara resmi  oleh Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi  ditandai dengan pemukulan Gendrang bersama Ketua LPTQ Kabupaten Sijunjung Irradatillah, Kakanwil Kemenag Sumbar diwakili Yufrizal, Bupati Benny Dwifa Yuswir, Kakankemenag Sijunjung Syamsul Arifin, Ketua MUI, Ketua Baznas, Dandim, Kapolres disaksikan Ketua TP PKK, Ketua GOW, Forpimda dan undangan lainnya.


Gubernur Mahyeldi memberikan apresiasi kepada segenap panitia pelaksana, Pemda Sijunjung dan tuan rumah Kecamatan Kamang Baru atas terselenggaranya MTQ Nasional ke 41 tingkat Kabupaten Sijunjung yang cukup meriah ini.


Bung Hatta pernah berpesan, seterang apa pun obor Monas di Jakarta, itu tidak akan sanggup menerangi seluruh Indonesia. Oleh karena itu, kita perlu menerangi setiap jorong, desa, dusun, dan kelurahan dengan lilin-lilin kecil, sehingga seluruh Nusantara ini akan menjadi terang benderang.


"Menggairahkan pendidikan Al Qur'an adalah bagian dari upaya kita di Sumbar untuk menerangi Nusantara itu," ujar Gubernur.


Justeru itu, saya mengajak kepala Jorong, Wali Nagari, Camat dan Pemda di Sumbar ini untuk selalu menghidupkan dan mensyiarkan bacaan Al Quran di rumah rumah masyarakat, di sekolah sekolah disurau atau diberbagai masjid.


"Salah satu tujuannya kita mengadakan MTQ ini, agar dalam hati kita ada Al Quran, didalam otak kita ada Al Qur'an dan dalam pengamalan kita pengamalan Al Qur'an, tegas Mahyeldi berapi api dalam pengarahannya sebelum membuka secara resmi MTQ Nasional ke 41 tingkat Kabupaten Sijunjung di Kamang Baru itu.



Ketua LPTQ Kabupaten Sijunjung yang juga Wakil Bupati Sijunjung Irradatillah menyampaikan, MTQ tingkat Kabupaten Sijunjung ini mengusung tema" Melalui MTQ Nasional ke 41 Tingkat Kabupaten Sijunjung ini Kita Bumikan Al Quran Untuk Mewujudkan Generasi Qurani  Yang Beriman dan Berakhlak Karimah" Musabaqoh merupakan salah satu sarana untuk mewujudkan apa yang kita cita citakan, yaitu masyarakat yang maju dan dilandasi dengan nilai nilai keagamaan.


LPTQ Kabupaten Sijunjung juga bertekad untuk selalu, melakukan pembinaan, peningkatan pemahaman, dan yang tidak kalah pentingnya adalah pengalaman nilai nilai agama ditengah-tengah masyarakat. Namun juga tidak bisa ditepis bahwa MTQ yang kita laksanakan ini juga sebagai salah satu bentuk persiapan untuk menghadapi MTQ Nasional Tingkat Provinsi Sumbar tahun 2025  yang bakal diadakan di Kota Bukittinggi.


Dikatakan Ketua LPTQ, MTQ Nasional ke 41 Tingkat Kabupaten Sijunjung akan memperlombakan 9 Cabang dengan 21 Golongan dengan peserta 352 orang, jika seluruh kecamatan mengutus sesuai cabang dan golongan yang ada.



Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Dr.H.Mahyudin, MA diwakili Yufrizal dalam sambutannya menyampaikan, ada banyak elemen penting yang terlibat dalam penyelenggaraan musabaqoh diantaranya, pertama adalah peserta, kedua dewan hakim dan ketiga pelatih dan ofisial. 


"Dimana dalam pelaksanaannya dari waktu ke waktu mengalami perkembangan, baik dari sisi cabang yang dilombakan, maupun dari  sistym pendaftaran dan Semuanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari pelaksanaan dan hasil MTQ itu Hasil musabaqoh terbaik tentu hendaknya, berbanding lurus dengan cara cara kita mengelola, melaksanakan maupun memberikan penilaian terhadap peserta," tegas Yufrizal.



Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir dalam sambutannya, menyampaikan selamat datang Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi dan rombongan, serta terima kasih kepada, seluruh peserta MTQ, dewan hakim serta para tamu undangan yang telah meluangkan waktu untuk hadir dalam acara pembukaan MTQ ini.


Pemerintah Daerah, mengapresiasi dan penghargaan setinggi tingginya kepada camat dan forkopincam Kamang Baru, Wali Nagari beserta seluruh tokoh adat, tokoh pemuda dan tokoh agama dan masyarakat Kamang Baru yang telah berkerja ekstra keras dalam mempersiapkan pelaksanaan MTQ Nasional ke 41 Tingkat Kabupaten Sijunjung di Kamang Baru ini.


Selain itu juga terima kasih disampaikan kepada panitia lokal Kamang Baru maupun dari Kabupaten Sijunjung serta para donatur dan darmawan yang telah  membantu baik moril maupun materil atas terselenggaranya MTQ ini.


MTQ merupakan salah satu agenda nasional yang dilaksanakan dari tingkat desa/nagari, kecamatan, kabupaten, provinsi sampai tingkat nasional, bahkan ada event tingkat internasional. Sehingga ajang MTQ merupakan sarana untuk menambah semangat dalam belajar dan memahami Al Quran, berkompetisi yang sehat dan sportif. Melalui MTQ ini akan lahir qori, qoriah, hafidz dan hafidzah yang unggul, sehingga bisa bersaing nantinya pada event MTQ tingkat yang lebih tinggi.



Dalam suasana kegiatan pembukaan MTQ Nasional ke 41 tingkat Kabupaten Sijunjung tersebut, Bupati Benny Dwifa Yuswir juga menerima trophy bergilir dari Camat Sijunjung Khairuddin,SE sebagai juara umum pada MTQ ke 40 dan menyerahkan kepada Camat Kamang Baru Asrijal,SH  selaku Ketua Pelaksana MTQ untuk diperebutkan kembali dalam event MTQ ke 41 tahun ini,  serta mengukuhkan para Dewan Hakim yang bertugas pada MTQ Nasional ke 41 tingkat Kabupaten Sijunjung  di Kamang Baru ini.



Sebelumnya, Camat Kamang Baru selaku Ketua Pelaksana MTQ ke 41 tahun ini, Asrijal SH menyampaikan terima kasih kepada Pemda Sijunjung atas kepercayaan kepada Kecamatan Kamang Baru selaku tuan rumah dalam MTQ Nasional ke 41 Tingkat Kabupaten Sijunjung saat ini.


Ucapan terimakasih juga disampaikannya kepada seluruh masyarakat dan jemaah masjid, warga sekolah, pemuda, Ninik mamak, tokoh masyarakat, para donatur di lingkungan pemerintah Kecamatan Kamang Baru atas terselenggaranya kegiatan MTQ ini.


"Adapun tujuan MTQ yang akan berlangsung sejak 24 sampai 27 Juni 2024 adalah untuk meningkatkan serta menggali potensi minat dan bakat qori dan qoriah menuju generasi Qurani Yang Unggul,  cerdas serta berakhlakul Karimah," terangnya.


Penutup dari rangkaian kegiatan pembukaan MTQ Nasional ke 41 tingkat Kabupaten Sijunjung di lapangan bola kaki Nagari Kamang itu ditampilkan tari massal murid SD,SMP, MTsN dan SLTA se Kecamatan Kamang Baru dengan jumlah peserta sekitar 153 orang.


#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS