Iduladha Momentum Saling Bahu Membahu dan Tingkatkan Jiwa Sosial - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN SIJUNJUNG

PENGUMUMAN DAFTAR CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI SIJUNNUJG Tahun 2024 Nomor : 20/PP.04-PU/1303/2024 SYARAT MINIMAL PEROLEHAN SUARA SAH 10(Sepuluh) % dari Total seluruh Suara Sah Kabupaten Sijunjung (10/100 x 134.476) = 13.447,6 (dibulatkam keatas menjadi 13.448 Minimal Suara Sah)* -- *Keputusan KPU Kab.Sijunjung Nomor 655 Tahun 2024 TEMPAT PENDAFTARAN---Kantor KPU Kabupaten Sijunjung Jl. M. Yamin, SH, Nomor 07 Muaro Sijunjung KONTAK PERSON---Zamri 085265970434--Viko 085263208822 JADWAL DAN WAKTU PENDAFTARAN > Selasa Tanggal 27 Agustus 2024 - Pukul 08: 00 WIB s/d Pukul 16 WIB > Rabu Tanggal 28 Agustus 2024 - Pukul 08: 00 WIB s/d Pukul 16 WIB > Kamis 29 Agustus 2024 - Pukul 08: 00 WIB s/d Pukul 16 WIB IMPORTANT ! INFORMATION ! Sumber . Amar putusan MK Nomor 60/PUU-XX/2024 . Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2024

Iduladha Momentum Saling Bahu Membahu dan Tingkatkan Jiwa Sosial

Senin, Juni 17, 2024


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Iduladha merupakan momentum yang tepat agar saling bahu membahu mengatasi dampak bencana banjir bandang lahar dingin yang menimpa Padang Panjang dan sejumlah daerah beberapa waktu lalu. 


Semangat berkurban dan berbagi akan mampu meringankan beban mereka yang terkena musibah. Ibadah kurban semestinya dijadikan sarana meningkatkan jiwa sosial, saling berbagi sekaligus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.


Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota, Dr. Winarno, M.E mengemukakan hal ini saat memberikan sambutan pada pelaksanaan ibadah Salat Iduladha (Id), Senin (17/06/2024) di Masjid Agung Manarul ‘Ilmi Islamic Centre.


Shalat Id diimami Ustaz Mustarijal, S.IQ, S.Ag. Adapun Khatib, Buya Drs. H. Alizar, M.Ag yang merupakan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang. 


Turut hadir, Kapolres, AKBP Kartyana Widyarso Wardoyo Putro, SIK, MAP,  Anggota DPRD, Mahdelmi, S.Sos Datuak Maninjun, sejumlah tokoh masyarakat dan pejabat terkait lainnya. 


“Iduladha tahun ini merupakan momentum yang kita rayakan dengan suka cita, sekaligus juga dengan keprihatinan di Kota Padang Panjang,” kata Winarno


Suka cita, lantaran menandai selesainya jemaah haji melaksanakan Wukuf di Arafah dan dilaksanakannya Salat Iduladha, dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban. Di sisi lain, Padang Panjang dalam keadaan berduka karena baru saja ditimpa bencana banjir bandang lahar dingin. 


Peristiwa tersebut menimbulkan korban jiwa, luka-luka dan pengungsian sejumlah warga. Tak dapat dapat dipungkiri bencana itu juga menyebabkan kerugian materil yang sangat besar dan mempengaruhi perekonomian masyarakat.


Kendati begitu, Winarno mengajak supaya  tidak terlalu lama larut dalam suasana keprihatinan ini. Warga yang tertimpa musibah harus segera bangkit kembali dengan semangat untuk menjadi lebih baik lagi. 


Pemko, lanjutnya, sudah mengambil langkah-langkah strategis selama masa tanggap darurat bencana, berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat. Pemko mulai melakukan pembangunan kembali sarana dan prasarana yang rusak dan melakukan berbagai upaya memulihkan aktivitas pertanian dan perekonomian masyarakat.


“Atas nama Pemerintah Kota, kami mengimbau kita semua untuk dapat mendukung upaya rehabilitasi dan rekonstruksi tersebut sehingga kita bisa segera keluar dari krisis yang disebabkan bencana alam ini,” ujarnya. 


Sementara itu, Khatib Buya Alizar menuturkan, hakikat Islam ialah berkurban. Yaitu menyerahkan diri kepada Allah. Dengan menyerahkan diri hati akan damai dan tenteram. 


Menyerahkan diri kepada Allah berarti rida terhadap kehendak Allah. Bila suatu hajat tercapai jangan sombong karena semua yang terjadi atas izin Allah.


Shalat Id yang seyogyanya dilaksanakan di Lapangan Bancalaweh dialihkan ke masjid karena hujan deras malam harinya yang menyebabkan lapangan basah. Masjid Agung Manarul ‘Ilmi Islamic Centre, menjadi salah satu pilihan yang ramai dikunjungi masyarakat.


#GP | DF | Harris 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS