Bank Sampah Berkah Muaro Jadi Harapan Bagi Masyarakat Dalam Lingkungan Bersih dan Meningkatkan Ekonomi. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN SIJUNJUNG

PENGUMUMAN DAFTAR CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI SIJUNNUJG Tahun 2024 Nomor : 20/PP.04-PU/1303/2024 SYARAT MINIMAL PEROLEHAN SUARA SAH 10(Sepuluh) % dari Total seluruh Suara Sah Kabupaten Sijunjung (10/100 x 134.476) = 13.447,6 (dibulatkam keatas menjadi 13.448 Minimal Suara Sah)* -- *Keputusan KPU Kab.Sijunjung Nomor 655 Tahun 2024 TEMPAT PENDAFTARAN---Kantor KPU Kabupaten Sijunjung Jl. M. Yamin, SH, Nomor 07 Muaro Sijunjung KONTAK PERSON---Zamri 085265970434--Viko 085263208822 JADWAL DAN WAKTU PENDAFTARAN > Selasa Tanggal 27 Agustus 2024 - Pukul 08: 00 WIB s/d Pukul 16 WIB > Rabu Tanggal 28 Agustus 2024 - Pukul 08: 00 WIB s/d Pukul 16 WIB > Kamis 29 Agustus 2024 - Pukul 08: 00 WIB s/d Pukul 16 WIB IMPORTANT ! INFORMATION ! Sumber . Amar putusan MK Nomor 60/PUU-XX/2024 . Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2024

Bank Sampah Berkah Muaro Jadi Harapan Bagi Masyarakat Dalam Lingkungan Bersih dan Meningkatkan Ekonomi.

Minggu, Juni 18, 2023



Sijunjung (SUMBAR).GP- Bank Sampah Berkah di Jorong Subarang Ombak,  Nagari  Muaro, Kecamatan Sijunjung kini telah menjadi harapan dari anggotanya untuk bekerja bisa menabung sampah.



Saat media goparlement menyaksikan kegiatan menabung sampah di Bank Sampah Berkah, Sabtu (17/6) kelihatan para ibu ibu dengan gembira dan bangganya mengantarkan sampahnya masing masing untuk dicatat oleh relawan Bank Sampah Berkah.



Salah seorang anggota Bank Sampah Berkah Eva Susanti kepada media ini  mengatatakan, kami sangat bersyukur  menjadi anggota  Bank Sampah Berkah di  Jorong Subarang Ombak, Nagari Muaro, Kecamataan Sijunjung ini.


 


Dari pantauan  media Goparlement, ibu ibu  menyerahkan sampah kepada relawan, terus dipilah sesuai jenisnya ( karton, kertas/buku, botol plastik, kaleng, besi dan jenis lainnya)  ditimbang dan mencatatkan berat perjenis, dan tuliskan harga atau  nilai rupiah yang didapatkannya  pada Buku Tabungan Sampah milik  masing masing anggota. 


"Dengan demikian,  kami menjadi tahu persis berapa uang  jumlah tabungan dari sampah yang kami tabungkan," papar Eva Susanti yang diaminkan anggota lainnya.



"Bank Sampah Berkah menjadi harapan warga dalam menciptakan kebersihan lingkungan dan meningkatkan ekonomi kami," ujar Eva Susanti. 


Menurut Yani, Bank Sampah Berkah mulai berdiri tahun 2018  dengan anggota pertama 45 orang. Kini anggotanya telah berjumlah 105 orang dari kawasan Logas Jorong Subarang Ombak Nagari  Muaro dan ibu ibu  rumah tangga dari berbagai kompleks perumahan di Muaro ini.


Direktur Bank Sampah Berkah, Govvinda Yuli Effendi dengan panggilan Igove adalah sang juara pertama Pemuda Pelopor Sumbar tahun 2023 yang akan berkompetisi di tingkat Nasional.



Menurut Igove, Pemuda Pelopor bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata tahun 2023 Sumbar itu menjelaskan, Bank Sampah Berkah yang dipimpinnya punya  anggota relawan  sekitar 30 orang terdiri dari murid SD, SMP dan ada juga guru SD dan SMP di ibu kota Kabupaten Sijunjung ini.



Lebih lanjut,  Igove panggilan Govvinda, kepada media menjelaskan, kegiatan menabungkan sampah itu dilaksanakan sekali dalam sebulan di kantor Posyandu setempat  dan  setiap harinya dapat dilakukan di Bank Sampah Berkah, yang nota benenya adalah rumah sendiri dari Igove, di jalan Logas Muaro.


"Alhamdulillah, sejak Bank Sampah Berkah ini ada,  banyak anggota termotivasi untuk mengumpulkan sampahnya sendiri di lingkungannya masing masing saat ini, kemudian ditabungkan di Bank Sampah Berkah," jelas Igove. 


"Kegiatan mengumpulkan dan menabung  sampah,  selain dapat membersihkan lingkungan juga mendatangkan uang dan terjalinnya sikap  sosial kemasyarakatan di lingkungannya,"  kata Igove yang juga aktif sebagai Nara Sumber diberbagai pertemuan komunitas lainnya.


"Insya Allah dalam waktu dekat, saya akan memberikan inovasi dan motivasi dalam mewujudkan lingkungan bersih di hadapan anggota PKK di Tanjung Bonai Aur, Kecamatan Sumpur Kudus," ungkap Igove 






Igov sehari-harinya bergerak di Bank Sampah, pada Festival Lansek Manih 2023 juga berperan sebagai Relawan Aksi Bersih. 



Saat ini Igov pun aktif membuat produk sedotan dari bambu guna mengurangi sampah plastik. 



Disamping itu, Igov juga produktif dalam pembuatan rendang pakis dengan merk "PAKIH'. 



"Semoga anak muda menjadi terinspirasi dalam menggali potensi," ujar Igov.



"Sebagai generasi muda, tak perlu malu beraktivitas di bidang lingkungan," tutup Igove kepada  media.


#GP | Herman.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS