BP Geopark Ranah Minang Silokek Tanda Tangani MOU dengan ITERA Lampung dan SMKN 8 Sijunjung - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN SIJUNJUNG

PENGUMUMAN DAFTAR CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI SIJUNNUJG Tahun 2024 Nomor : 20/PP.04-PU/1303/2024 SYARAT MINIMAL PEROLEHAN SUARA SAH 10(Sepuluh) % dari Total seluruh Suara Sah Kabupaten Sijunjung (10/100 x 134.476) = 13.447,6 (dibulatkam keatas menjadi 13.448 Minimal Suara Sah)* -- *Keputusan KPU Kab.Sijunjung Nomor 655 Tahun 2024 TEMPAT PENDAFTARAN---Kantor KPU Kabupaten Sijunjung Jl. M. Yamin, SH, Nomor 07 Muaro Sijunjung KONTAK PERSON---Zamri 085265970434--Viko 085263208822 JADWAL DAN WAKTU PENDAFTARAN > Selasa Tanggal 27 Agustus 2024 - Pukul 08: 00 WIB s/d Pukul 16 WIB > Rabu Tanggal 28 Agustus 2024 - Pukul 08: 00 WIB s/d Pukul 16 WIB > Kamis 29 Agustus 2024 - Pukul 08: 00 WIB s/d Pukul 16 WIB IMPORTANT ! INFORMATION ! Sumber . Amar putusan MK Nomor 60/PUU-XX/2024 . Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2024

BP Geopark Ranah Minang Silokek Tanda Tangani MOU dengan ITERA Lampung dan SMKN 8 Sijunjung

Rabu, Maret 01, 2023


Sijunjung (SUMBAR).GP- Kadis Parpora Afrineldi,SH mengatakan, telah dilakukan penanda tanganan kesepakatan kerjasama BP Geopark Ranah Minang Silokek dengan Institut Teknologi Sumatra (ITERA) Lampung dan SMKN 8 Sijunjung di Kantor Bupati Sijunjung, Selasa (28/2) 


Kesepakatan kerjasama berkaitan dengan bidang penelitian geologi, pariwisata dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) itu  ditandatangani oleh Ketua BP Geopark Ranah Minang Silokek Dr.Zefnihan, AP. M.Si, Rektor ITERA Lampung Prof.Dr.I Nyoman Pugeg Aryantha diwakili Sekretaris Jurusan Teknologi Produksi dan Industri Bilal Al Farishi, B.Sc.,(Hons) M.Sc  dan Kepala SMKN 8 Sijunjung Putri Andam Dewi, M.Pd.


Kepala SMKN 8 Sijunjung Putri Andam Dewi, M.Pd usai menanda tangani kesepakatan dan kerjasama itu mengungkapkan merasa senang dan bahagia dengan dilibatkan dalam penanda tangani kesepakatan kerjasama oleh BP Geopark Ranah Minang Silokek ini.


"Ini adalah suatu kehormatan bagi kami sekolah Pariwisata dan Insyaallah kita akan laksanakan semua poin poin tugas ruang lingkup kita," ujarnya.


Kepala Sekretariat BP Geopark Ridwan yang dihubungi via WhatsApp mengatakan,  yang menjadi dasar kesepakatan dan kerjasama itu pertama adalah Sertifikat Nasional Geopark Ranah Minang Silokek, kedua RPJMD Sijunjung 2022-2026 tentang tema pembangunan Sijunjung integrasi Geopark Ranah Minang Silokek secara lintas sektoral dan wilayah dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan, ketiga melaksanakan 16 fokus Geopark standar UNESCO (membangun jejaring, keterlibatan masyarakat edukasi, konservasi dan geowisata).


Sedangkan tujuannya meningkatkan peran stakeholder dalam pengelolaan dan pengembangan Geopark Ranah Minang Silokek dengan ITERA Lampung dan SMKN 8 Sijunjung.


Dikatakan Ridwan, ruang lingkup yang dilaksanakan pihak ITERA nanti ada enam jenis kegiatannya, pemanfaatan kawasan Geopark sebagai tempat penelitian dan kuliah lapangan, pengembangan pariwisata melalui geowisata, pengabdian dan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan ekonomi berbasis Geopark, promosi tentang seluruh kekayaan Geopark, pelestarian warisan geologi dan keragaman geologi dan kerjasama lain yang disusun dan disetujui para pihak.


Sedangkan pihak SMKN 8 Sijunjung akan melakukan hal hal sebagai berikut, pelestarian lingkungan dan keragaman flora dan fauna, pengembangan pariwisata melalui ekowisata, seni dan budaya serta ekonomi kreatif, pengabdian dan pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan pariwisata berbasis Geopark, promosi tentang seluruh kekayaan Geopark,  pemanfaatan kawasan Geopark sebagai tempat praktek lapangan, pelatihan kepemanduan geowisata bagi siswa SMKN 8 Sijunjung, program school goes to Geopark dan Geopark goes to school serta kerjasama lain yang disusun dan disetujui para pihak.


"Tindak lanjut MoU lainnya adalah Mahasiswa ITERA jurusan Geologi sebanyak 5 orang akan melakukakan kegiatan Kuliah Lapangan  dan Penelitian di kawasan Geopark Ranah Minang Silokek tepatnya di Geosite Silokek dan  Pihak Badan Pengelola Geopark akan melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada siswa SMKN 8 Sijunjung tentang  Geopark dan Kepemanduan Geowisata," terang Ridwan.



#GP | Herman.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS