Zona Pendidikan dalam "Nuansa Penuh Warna" di Radio Favorit 92.0 FM bersama KGB Kabupaten Sijunjung. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN SIJUNJUNG

PENGUMUMAN DAFTAR CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI SIJUNNUJG Tahun 2024 Nomor : 20/PP.04-PU/1303/2024 SYARAT MINIMAL PEROLEHAN SUARA SAH 10(Sepuluh) % dari Total seluruh Suara Sah Kabupaten Sijunjung (10/100 x 134.476) = 13.447,6 (dibulatkam keatas menjadi 13.448 Minimal Suara Sah)* -- *Keputusan KPU Kab.Sijunjung Nomor 655 Tahun 2024 TEMPAT PENDAFTARAN---Kantor KPU Kabupaten Sijunjung Jl. M. Yamin, SH, Nomor 07 Muaro Sijunjung KONTAK PERSON---Zamri 085265970434--Viko 085263208822 JADWAL DAN WAKTU PENDAFTARAN > Selasa Tanggal 27 Agustus 2024 - Pukul 08: 00 WIB s/d Pukul 16 WIB > Rabu Tanggal 28 Agustus 2024 - Pukul 08: 00 WIB s/d Pukul 16 WIB > Kamis 29 Agustus 2024 - Pukul 08: 00 WIB s/d Pukul 16 WIB IMPORTANT ! INFORMATION ! Sumber . Amar putusan MK Nomor 60/PUU-XX/2024 . Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2024

Zona Pendidikan dalam "Nuansa Penuh Warna" di Radio Favorit 92.0 FM bersama KGB Kabupaten Sijunjung.

Senin, April 06, 2020

Sijunjung(SUMBAR).GP- Minggu (5/4) siang kembali Komunitas Guru Belajar (KGB) Sijunjung yang digagas Sri Hastuti, M.Pd berkolaborasi dengan pihak Radio Favorit 92.0 FM Susi Yulianingsih dengan tema miskonsepsi guru belajar.

Menurut Sri Hastuti, kerjasama dengan radio Favorit 92.0 FM ini, akan berlanjut setiap hari Minggu kedepannya dengan tema yang berbeda, sehingga semua guru daerah ini dapat mengikuti siarannya dalam memacu semangat jadi guru yang merdeka dalam belajar.

Pada Minggu lalu (29/3) merupakan kegiatan dalam rangka perkenalan Komunitas Guru Belajar (KGB) baik dengan radio Favorit 92.0 FM sendiri maupun dengan para pendengarnya.

Pada saat itu, menampilkan tri tunggal KGB Sijunjung yakni Sri Hastuti, M.Pd, Desi Delarosa, S.Pd dan Novi Edmawita, S.Pd dalam dialogis memperkenalkan kegiatan,profil serta tujuan  KGB Sijunjung kepada  masyarakat dan para guru daerah langsek manih.

Tema KGB pada tampilan kedua di Radio Favorit saat ini  adalah Miskonsepsi Guru Belajar, disampaikan oleh guru penggerak  Sri Hastuti, M.Pd, Alia Yovica, S.Pd dan Fidra Yanti Maldar, S.Pd  dipandu  penyiar kocak  Radio Favorit Kak Oka.  

Secara bergantian Penggerak KGB Sijunjung memberikan jawaban dari pertanyaan yang diajukan.Tuti menyampaikan bahwa sebelum mengenal Miskonsepsi guru Belajar  maka kita harus tau tentang Merdeka Belajar.

Mengutip tulisannya Bu Najela Shihab. Pendiri kampus Cikal dan KGB Nusantara dalam bukunya “Merdeka Belajar Di Ruang Kelas” bahwa  urgensi utama guru sebagai pendidik yang merdeka yaitu; 1) Komitmen, 2) Memiliki kemandirian, dan 3) Berefleksi . 

Sedangkan miskonsepsi Guru Belajar ada 5 yaitu : 1) Guru belajar karena insentif external  seharusnya guru belajar secara alamiah . 2) Guru belajar harus dari ahli seharusnya guru dapat belajar dengan teman seprofesi , 3) Guru belajar hanya tahu “how to” seharusnya belajar berdasarkan konteks, 4) Guru belajar dikejar target yang dipaksakan seharusnya guru belajar itu butuh waktu , 5)Guru mengembangkan kompetensi individu seharusnya guru dapat berkembang bersama guru lain. 

Dari kelima miskonsepsi tersebut ,  Bu Yovi (Alia Yovica ) sudah mematahkannya,  Kalau diri saya dulu.... masih belajar hanya tahu “how to”. Hanya tahu cara mengajarkan materi kepada anak atau peserta didik. Contoh kalau saya mau mengajarkan simple present tense (kalimat untuk menyatakan kegiatan rutin, kebiasaan dan fakta atau kebenaran umum), ya saya hanya tahu cara mengajarkan materi itu.diberikan gambar, diberikan bentuk penggunaannya, rumusnya, kalau kalimat positifnya seperti apa, negatif, kalimat tanya seperti apa. 

Padahal yang sebenarnya saya harus menanamkan kepada peserta didik konsep berdasarkan konteks. Konteks kehidupannya sehari – hari yang ada di lingkungannya sekitar dan dari diri peserta didik itu sendiri. Saya bisa mengajarkan berdasarkan konteks. 

Nah itulah miskonsepsi yang ada dari diri saya yang harus saya patahkan. Nah, mungkin banyak juga para teman – teman guru yang masih memiliki miskonsepsi guru belajar hanya tahu “how to”. Ayo rubah lagi mindsetnya menjadi guru yang mengajar berdasarkan konteks.konteks kebutuhan peserta didik. 

Sedangkan Buk Era, panggilan akrab  Fidra Yanti Maldar, S. Pd  menjelaskan, salah satu miskonsepsi merdeka belajar yang saya patahkan adalah belajar dari ahli.

 Selama ini kita menganggap belajar dari ahli itu merasa gimana gitu, apalagi  kalau kita yang ditunjuk untuk pelatihan. Kita merasa bangga dan senang, padahal sepulang dari pelatihan tidak maksimal kita terapkan dan juga tidak dibagikan kepada teman yang lain.

Padahal lebih efektif kita belajar dari sesama guru, kita sama mengetahui kekurangan dan kelebihan masing – masing. Kita tahu apa  yang dibutuhkan untuk anak didik kita, tetapi karena selama ini kita merasa malu, minder, sombong dan menganggap diri kita lebih maka kita tidak mau belajar sesama guru.

 Mengapa kita harus belajar kepada yang ahli, meraka hanya mengajarkan teori, kita guru butuh praktek bagaimana cara mengajar yang baik dan menyenangkan bagi peserta didik, tutup Era semangat.

#GP | Herman 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS